Monday, April 9, 2012

KESETIAAN SEEKOR KUCING


Orang bilang anjing adalah binatang yg paling setia. Tapi berdasarkan pengalaman saya dalam perkucingan  kucing juga bisa setia kok. Meski gak semua seh..hehe..Keluarga kami pernah punya kucing, ini papa yg nemu n diberi nama Temon dgn nama beken Momon..meski kucing tetep punya nama beken bukan hanya selebritis aja. Tapi tetap aja nama itu kalah beken dgn nama Pus, dijamin noleh deh kalo dipanggil. Kadang kita juga mikir buat apa pusing2 cari nama buat kucing n kadang debat juga kalo tiap orang di rumah punya nama pilihan sendiri kalo ujung2 nya tetap dipanggil Pus juga. Hehe..itu sampai kayak rapat lo.Momon ini kucing bisu, tapi gak tau setelah beberapa bulan dia bisa ngeong dengan fals bgt. Momon ini setianya cuma dengan papa aja, mungkin ini karena papa yg nemu dia kali ya. Jadi dianggap sebagai pahlawannya. Dia mau dgn yg laen kalo papa gak ada. Mungkin dia penganut peribahasa tiada rotan akar pun jadi. Dia selalu mengikuti papa kemana aja, kalo dia gak punya kepentingan sendiri. Jam empat sore gitu dia sudah stand by di teras, nunggu papa pulang. Kalo dengar pagar dibuka gitu dia langsung lari ke n menyambut sambil mengeong tanpa suara. Trus papa gendong dia n diajak ngomong, wuihhh..expresinya happy bgt. Sampai tetangga komentar kalah deh anaknya, gak penah ditimang2 kayak si Momon. Soal tidur juga gitu, maunya tidur dgn papa. Kalo dia dah ngantuk pasti nunggu depan kamar minta tidur bareng. Hal ini kadang bikin mama sebel, ranjang sempit, maklum ortuku big size semua masih ada penghuni laen yg kadang monopoli tempat. Kalo kesenggol kadang sewot n maen gigit aja. Papa kalo tidur kan bawa segelas air putih tanpa ditutupi n ditaruh di bawah,sering paginya papa bilang kok air di gelasku tinggal sedikit ya..aneh.. eh..gak taunya suatu saat papa mergoki Momon minum dr gelas papa.Jadi selama ini papa minum segelas berdua dengan Momon, ketika tau papa ngomel2 trus & menutup gelasnya.Berakhirlah kemesraan ini  hihihi...
Dia paling sedih kalo papa ada tugas luar kota yg kadang 1 minggu lebih. Seperti kebiasaannya jam 4 sudah menanti, kalo tiap dengar pintu pagar dibuka pasti lari n kembali dengan kecewa. Kalo malam setiap ruang dimasuki buat mencari papa sambil mengeong lirih. Kita2 kasihan n ngajak dia tidur eh..dia gak mau n keliatan sedih bgt. Begitu terus sampai papa pulang. Ketika papa pulang sambutannya heboh bgt. Gak mau pergi dari papa, kemana aja diikuti. Ke kamar mandi mau ikutan masuk n akhirnya nunggu di luar. Takut bgt papa gak pulang lagi.
Aku juga punya kenangan tentang kesetiaan kucing2ku. Jaman ABG dulu yg penuh gejolak..ceile.. kalo aku nangis n sedih di kamar pasti ada salah satu kucing yg mendatangi. Dia dengan caranya sendiri mencoba menghibur, entah dengan menggosok2kan badannya ke aku ato dgn eongannya. Seakan dia merasakan kesedihanku juga. Kalo aku belajar sampai malam, Pusi juga ikutan nungguin di atas meja belajar. Kadang  mainan alat tulisku, menjilati diri sendiri ato malah tidur. Enak rasanya belajar ada yg menemani meski cuma kucing, rasanya gak sendirian. Tapi kadang2 tiba2 dia bangun n bulunya berdiri semua n minta keluar kamar dgn panik. Duh..syeremmm bgt, katanya kan kucing juga bisa merasakan kehadiran penghuni dunia laen. Kalo dah gini aku juga ikutan lari ke kamar ortuku. Takut yo..

Kalo mama punya penggemar sendiri, namanya Bento.Foto di atas adalah foto Bento & Bule.Bento yg bulunya belang-belang abu-abu sedangkan Bule yg warna orange putih.Ini foto mama terakhir,kufoto 5 hari sebelum mama meninggal.

Bento Kucing cowok yg sama sekali gak macho. Manja sekali n suka di elus2. Tiap ada orang baru di rumah pasti dia maunya bermanja2. Kata mama cari perhatian, kadang kan dicuekin oleh mama. Jadi kalo aku pulang pasti sambutannya heboh. Baru datang gitu dia dah menyambut dengan maen di kaki minta di elus. Kalo mama pergi keluar kota, dia juga gak ikutan pulang. Maen trus, pulang buat makan aja, tapi kalo ada mama dia di rumah trus.

Tanggal 25 Mei06 lalu mamaku meninggal, ini 2 hari sebelum pernikahanku. Aku mendapat kabar di dalam perjalanan dgn kereta api ke Jakarta, karena aku akan menikah di sana. Akhirnya sampai Pekalongan kami turun n kembali ke Tulungagung. Sampai Tulungagung sudah jam 2 pagi. Di rumah sudah banyak saudara2, setelah menenangkan diri, aku melihat Bento datang dengan lemas sekali. Seperti sakit tapi setelah aku periksa, dia gak ada tanda2 sakit. Aku bawa ke kamar, dia diam n lemas. Aku khawatir juga. Lalu om & tanteku cerita soal Bento. Mama meninggal sore hari, dari jenazah ditempatkan di tempat tidur sampai di peti, Bento selalu membuat ulah. Jenazah disemanyamkan di ruang tamu.
Ketika jenazah di tempat tidur, Bento selalu berusaha naik ke tempat tidur, tentu saja orang2 jadi heboh n mengusirnya. Eh..gak lama dia balik lagi, gantian potongan daun pandan wangi & bunga di bawah tempat tidur di obrak abrik, di usir lagi n dimarahi oleh Om. Begitu trus sampai berulang2, jadi kalo dia datang ada seorang om yg selalu mengikuti n mengusir supaya dia tidak mengulangi. Waktu Bento lolos dari pengawasan dia berusaha loncat ke peti mati. Peti mati memang di buka sepertiga di bagian kepala n ditutup dengan kain, otamatis semua orang kaget n teriak keras sekali. Kena marah n pukulah dia. Setelah aku mendengar cerita itu, aku gendong dia n aku bukakan petinya. Dia melihat mama lama sekali sambil aku ajak bicara kalo mama tidur di situ n jangan diganggu ya..setelah dia minta turun aku bawa ke kamar. Believe it or not setelah itu dia kembali lincah n tidak pernah mengusik lagi. Paling dia cuma lewat aja. Semua orang bilang, kalo tau gini sudah dari sore tadi pasti ditunjukan jenazah mama ke dia. Ternyata dia merasakan kehilangan itu juga.
Jadi kesetiaan itu bukan cuma milik anjing aja, ternyata kucing juga bisa menunjukkan cintanya selama dia juga mendapat cinta yg sama.

No comments:

Post a Comment