Tuesday, April 10, 2012

KOLEKTOR SAUS SAMBAL

Hari ini aku mau ngomongin soal saus sambal instan. Aku yakin teman-temani pasti tahu tentang saus sambal instan. Pasti juga punya rasa favorite. Sebagai saus pelengkap untuk hampir semua jenis makanan untuk menambah cita rasa makanan. Apalagi untuk anak kos, pasti dijadikan sebagai pelengkap pokok untuk makanan yg kadang tidak banyak variasinya. Sebagai anak kos, aku juga menyediakan saus sambal instant ini. Kalo biasanya 1 orang/ 1 keluarga cuma punya 1 macam rasa sambal aja, kalo aku punya beberapa macam rasa saus sambal ini. Yang paling sering aku pakai seh saus sambal buatan ABC & Indofood. 2 brand ini mengeluarkan banyak varian untuk saus sambal produk mereka. Malahan aku gak punya yg rasa cabe. Yg aku punya ada rasa pedas manis, sambal sea food, sambal Bangkok, sambal lampung ada sambal apalagi ya..aku lupa tuh hehe.. Ada yg masih banyak ada yg tinggal sak crit (dikit bgt). Tante n mamaku menjuluki aku kolektor saus sambal. Meski punya banyak rasa tapi itu semua berasal dari 2 brand aja. Aku suka saus sambal pedas manis, enak buat makan kentang goreng atau martabak mi, aku juga suka sambal Bangkok yg asam manis, cocok buat makan mi. Aku juga suka sambal seafood, buat makan omelet telor uenak tenan, sambal Lampung aku gak begitu suka. Kesimpulannya aku suka semua rasa saus sambal hehe.. Aku gak begitu suka sambel cabe. Rasanya ada pahit di lidah. Mungkin karena aku suka makanan manis seh..biar tetap manis gitu lo hihi…(menghibur diri sendiri neh). Nah, karena aku anak kos yg makanan pokoknya banyakan makan mi instant maka saus sambal bisa menjadikan rasa mi agak beda ato malah kacau kadang kala hehe..hingga gak bosenin. Aku suka makan mi instant dengan topping sambal yg beda2 rasa. Trus di ingat2 mana yg paling enak pake saus sambal yg mana. Tapi ya percuma coba ingat2, kadang pas makan mi lupa pake saus mana buat rasa mi ini yg bikin enak ato kalo ingat sausnya sudah habis. Jadi ya percuma buat ingat2. Karena aku suka banget dengan kecap manis, mi instanku juga gak luput dari si hitam manis ini. Uh..sedaap bgt deh. Berhubung sekarang aku lagi belajar masak. Saus sambalku ikut serta dong dalam percobaan masakku. Aku masak cap jay selain pake saus tomat juga pake saus sambal. Terserah yg mana tergantung dapat wangsit mau pake saus sambal yg mana. Hehe.. Ato masak sup merah n koloke. Ditambahi saus sambal biar agak pedes gitu. Untunglah hasil percobaan ini tidak menyebabkan jatuh korban buat yg makan. Yg berani uji nyali makan masakanku adalah adikku dengan sedikit ancaman, dan teman kos yg kepepet hehe… Hmm..jadi ingat deh kalo beberapa koleksiku sudah habis. Beli saus sambal rasa apa lagi ya…?

No comments:

Post a Comment